Sabtu Ini, Tiga Organisasi Masyarakat Minang Bakal Dilantik

3
Menurut Ketua Panitia pelantikan bersama organisasi masyarakat minang, Tauhid Ma’rifatullah, segala bentuk persiapan untuk pelantikan tiga kepengurusan itu sudah matang dan hanya tinggal waktu pelaksanaannya saja.

FBN – Pelalawan || Sempat dinyatakan vakum selama beberapa tahun belakangan, kepengurusan tiga organisasi masyarakat minang Sumatera Barat (Sumbar) di Kabupaten Pelalawan dipastikan akan dilantik secara bersamaan di Gedung Daerah Datuk Laksamana Mangku Diraja, Sabtu (10/4) mendatang.

Adapun ketiga kepengurusan organisasi masyarakat minang yang akan dilantik secara bersamaan itu diantaranya Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR), Ikatan Wanita Minang Riau (IWMR) dan terakhir organisasi untuk kalangan muda-mudi minang di perantauan yakni Ikatan Pemuda Minang Riau (IPMR).

Menurut Ketua Panitia pelantikan bersama organisasi masyarakat minang, Tauhid Ma’rifatullah, segala bentuk persiapan untuk pelantikan tiga kepengurusan itu sudah matang dan hanya tinggal waktu pelaksanaannya saja.

Dikatakan Tauhid, pelantikan organisasi masyarakat minang tersebut sengaja dilakukan dekat dengan bulan Ramadhan, hal itu tentunya sudah diperhitungkan, karena sesuai dengan budaya orang minang yang selalu menjalin silaturahmi dan bermaaf-maafan jelang memasuki bulan suci.

“Ada beberapa kepengurusan organisasi ini yang sudah terbentuk sejak akhir tahun 2020 kemarin, namun karena beberapa pertimbangan, akhirnya pelantikan kita lakukan menjelang masuk bulan suci ramadhan, sekaligus kita manfaatkan untuk saling bermaaf-maafan,” ungkap Tauhid.

Selanjutnya, mengenai pelantikan bersama yang diperkirakan akan banyak menarik perhatian perantau minang di Kabupaten Pelalawan itu dikatakan Tauhid akan dilaksanakan sesuai dengan aturan protokol kesehatan. Artinya meskipun dilantik dalam waktu bersamaan, namun tetap akan diberi jeda agar tamu yang hadir tidak terlalu berkumpul.

“Insyaallah kita tetap mengutamakan dan memperhatikan protokol kesehatan, kita berharap kegiatan tersebut bisa berjalan lancar sesuai dengan yang sudah kita direncanakan sebelumnya,” tutup Tauhid.

Mengenai siapa yang akan melantik, Tauhid menyebutkan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Pengurus provinsi masing-masing organisasi dan yang akan melantik pengurus adalah langsung Ketua Umum (Ketum) masing-masing.

Terakhir, dengan dilantiknya kepengurusan organisasi masyarakat minang di Kabupaten Pelalawan tersebut, Tauhid berharap dapat memberikan dampak yang positif bagi seluruh perantau minang yang ada. Paling tidak organisasi paguyuban itu kembali aktif dan bergerak sesuai dengan tujuan awal dibentuknya organisasi.

“Setelah dilantik nanti, tentu kita berharap dapat menjalankan roda organisasi yang sudah lama vakum, khusus untuk IPMR kita yakin organisasi ini dapat melahirkan inovasi-inovasi baru yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat minang khususnya di Pelalawan,” pungkasnya.(Sur)