Sambangi Tiga Sekolah, ‘Satgas Preemtif Operasi Patuh Polres Melawi’, Tanamkan Budaya Tertib Berlalu Lintas Kepada Pelajar

56

KAB. MELAWI, FOKUS BERITA NASIONAL | Hari kelima pelaksanaan “Operasi Patuh Kapuas 2019”, Satlantas Polres Melawi makin gencar melaksanakan sosialisasi di berbagai tempat baik terjun langsung dijalanan maupun terjun langsung ke Sekolah-sekolah.

Kanit Laka Sat Lantas Polres Melawi, Ipda Pipit Supriatna bertindak sebagai Inspektur upacara di SMP Setia Budi, PS Kanit Dikyasa Satlantas Polres Melawi, Aiptu Suyono bertindak sebagai Inspektur Upacara di SMPN 1 Nanga Pinoh, sedangkan PS Kanit Reg Ident Satlantas Polres Melawi sebagai Inspektur Upacara di SMA Bhakti Setia Nanga Pinoh, Senin (02/9/2019) pagi.

Program polisi masuk sekolah ini diharapkan bisa memaksimalkan dan mampu mensukseskan “Operasi Patuh Kapuas 2019” di Wilayah Hukum Polres Melawi dalam meningkatkan pemahaman para pelajar agar semakin patuh dalam berlalu lintas demi terwujudnya zero accident dikalangan pelajar.

Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si melalui Kasat Lantas AKP Aang Permana, S.I.P., M.A.P menjelaskan bahwa dalam amanat Inspektur Upacara yang dibacakan Anggotanya, Satlantas Polres Melawi mensosialisasikan dan mengkampanyekan tentang keselamatan berlalu lintas. Dimana pada saat usia produktif seperti para pelajar yang belum memiliki SIM dan belum cakap dalam berkendara menjadi salah satu sasaran utamanya saat mengkampanyekan keselamatan berlalu lintas kali ini.

“Anak-anak terkadang mudah tersulut emosi dan masih labil, toleransi terhadap pengguna jalan lain juga kurang, maka dari itu kami himbau agar anak-anak belum memiliki SIM, jangan mengendarai atau mengemudikan kendaraan bermotor di jalan raya,” tegas Aang.

Lanjutnya, dalam pelaksanaan sosialisasi yang dilaksanakan secara serentak di tiga sekolah tingkat SMP dan SMA tersebut, mendapatkan apresiasi dan respon positif dari seluruh kepala sekolah maupun dewan guru, mengingat selama ini cukup tingginya pelanggaran lalu lantas yang mengakibatkan kecelakaan, yang melibatkan anak usia sekolah.

“Kegiatan seperti ini akan kami lakukan secara rutin, bertujuan untuk meminimalisir angka pelanggaran lalu-lintas yang nantinya diharapkan dapat menekan angka kecelakaan lalu-lintas, khususnya dikalangan pelajar,” jelasnya.

Masih menurut Kasat Lantas, bahwa sebelum dilaksanakan kegiatan sosialsisasi “Ops Patuh Kapuas 2019” di sekolah-sekolah, dirinya juga telah melaporkan rencana kegiatan tersebut kepada Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si. Dalam kesempatan tersebut, Kapolres menginstruksikan kepada Anggota Satlantas Polres Melawi yang menjadi Inspektur Upacara agar dapat mensosialisasikan budaya patuh hukum dan tertib berlalu lintas kepada para siswa sebagai suatu kebutuhan.

“Tujuan yang paling utama sosialisasi ini adalah guna menekan jumlah kecelakaan yang melibatkan anak-anak usia pelajar.” tutur Kasat Lantas, menyampaikan pesan Kapolres.

Tak lupa, Kasat Lantas juga menyampaikan imbauan Kapolres Melawi, sebagaimana tertulis dalam amanat Inspektur Upacara yang dibacakan oleh Anggota Sat Lantas Polres Melawi saat menjadi Inspektur Upacara di sekolah-sekolah.

“Marilah tertib berlalu lintas dan menjadi pengguna jalan yang MATOH!!! Stop pelanggaran, Stop kecelakaan, Keselamatan untuk kemanusiaan,” tutur Kasat Lantas menyampaikan imbauan Kapolres Melawi.

Sementara itu, Para Kepala Sekolah sangat mendukung upaya yang dilakukan oleh Satlantas Polres Melawi dalam memberikan pembinaan tertib berlalu lintas terhadap siswa-siswi di sekolahnya. Dengan pembinaan yang dilakukan, diharapkan meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan siswa terhadap peraturan lalu lintas.

“Harapan kami melalui sosialisasi dan penyuluhan ini, semoga siswa – siswi kedepannya lebih patuh dan disiplin terhadap peraturan lalu lintas dan menjadi pelopor keselamatan dijalan raya”, tutur Kepala Sekolah SMA Bhakti Setia Ir. Tet Tui.

Reporter: Didik Purnomo, SH

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini