11/29/2022
Post Visitors:98

Kabupaten Karawang – FBN | Petugas Pemadam Kebakaran Rengasdengklok sekitar jam 21:00 Wib telah mengevakuasi sarang Tawon Vespa yang terkenal berbahaya di sebuah pohon jambu warga, tepatnya di Dusun Pasar Rt 02/01 Desa Kampungsawah, Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang.Minggu (31/05 2020).

Kepala Desa Kampungsawah Adi Kurniadi pagi jam 08:30 Wib menerima laporan dan kedatangan warga, pak Udin dan gugun melaporkan dengan adanya Sarang Lebah/Tawon Vespa, yg ukurannya sangat besar, dan setelah dilakukan survei ternyata benar adanya Sarang Lebah/Tawon tersebut.

” Setelah kami surveai, kami pun bergegas melaporkan kepada pihak Damkar Rengasdengklok untuk mengamankan sarang tawon tersebut, besarnya diperkirakan sebesar bak ukuran 280 liter”
Sambung Kades Kampungsawah,
Hal ini dilakukan karena sebelumnya warga yang diketahui bernama udin melaporkan kejadian adanya tawon Vespa yang sempat masuk ke kamar anaknya.

” Karena adanya laporan dari warga bahwa ada tawon yang masuk ke kamar anaknya, kami pun langsung
Melapor ke Damkar sekitar pukul 09:45 wib ini langsung di tanggapi pihak Damkar Rengasdengklok”.
Ungkapnya.

Anggota Damkar Rengasdengklok Solehudin mengatakan sesuai laporan dari kades Kampungsawah, sesuai arahan dari danru Saprudin yang kebetulan danru kami sedang ada tugas psbb, kami meluncur untuk mengevakuasi sarang tawon Vespa malam hari setelah isya.

“Empat orang petugas langsung diterjunkan dengan menggunakan sarana prasarana (sarpras) , seperti helm serobong dan slop tangan agar terlindungi dari serangan tawon,
Evakuasi sarang tawon vespa ini membutuhkan waktu sekitar 60 menit atau satu jam lamannya” kata Solehudin.

Solehudin menambahkan setelah di TKP kami kaget juga karena sarang tawon Vespa sangat besar, baru pertama kali sarang tawon Vespa besar nya seperti ini.

” Anggota pun menggunakan sapras seperti menggunakan helm balap serobong dan slop tangan, empat orang petugas yang terjun langsung naik ke pohon jambu dan memang agak sulit karena sarang tersebut berada di ranting yang kecil petugas yang di atas ada dua orang, dan dari empat anggota kami, walaupun ada korban dari salah satu anggota kami yang tersengat Tawon Vespa di bagian tangan nya Alhamdulillah evakuasi berjalan kondusif sebelum evakuasi, para petugas juga berinisiatif menyemprotkan dengan cairan pembasmi serangga untuk meminimalisir serangan tawon tersebut setelah kita semprot baru kita evakuasi agar lebih aman,” Ungkapnya.

Solehudin juga berharap untuk seluruh masyarakat, jika mengetahui terdapat sarang tawon Vespa jenis affinis ini agar segera melapor ke petugas untuk di evakuasi.

“serangan tawon jenis ini sangat berbahaya, terlebih lagi jika berada di perumahan atau pemukiman warga
Kami harap bisa segera melapor jika ada warga yang melihat atau mengetahui keberadaan sarang tawon jenis itu, kami juga berpesan agar berhati-hati dengan jenis tawon ini” pungkasnya.

Reporter : (Topan)

%d blogger menyukai ini: