Satbinmas Polres Melawi Lakukan Penilaian 4 Pos Kamling Desa Mandiri

59

KAB. MELAWI, FOKUS BERITA NASIONAL | Setelah beberapa minggu lalu telah dilaksanakan Pembinaan Awak Pos Kamling dan Pembagian Barang Inventaris Pos Kamling oleh Sat Binmas Polres Melawi. Kali ini, Satbinmas Polres Melawi melakukan penilaian langsung mendatangi 4 Pos Kamling yang ada di Desa Mandiri yaitu Desa Batu Nanta, Desa Belonsat, Desa Beloyang dan Desa Tanjung Niaga, Senin (16/12/2019).

Harus Kegiatan yang memakan waktu satu hari penuh ini, Dipimpin langsung oleh Ketua Tim AKP TP. Marbun Kasat Binmas Polres Melawi beserta Anggotanya Aipda Yoyok Rosadi, Bripka Widyatmoko, Brigadir Ngadino, Brigadir Juliansyah, Briptu Matias Bono, Briptu Oktavianus dan Bripda Rahmadani Noer Muhammad. Hadir juga Kapolsek Belimbing, bhabinkamtibmas, babinsa, kades, para awak Pos Kamling dan Hansip Desa.Tim penilai ini, selain mengecek semua kelengkapan yang ada di Pos Kamling, juga melakukan penilaian kemampuan para Awak Pos Kamling. Cara membunyikan lonceng jika terjadinya suatu kejadian, semua kejadian dibedakan dari pukulan lonceng oleh para Awak Pos Kamling. Dan kemampuan menangani kecelakaan lalu lintas dengan memberikan pertolongan pertama, kemampuan memberikan informasi suatu kejadian yang ada dilingkungan masyarakat oleh Awak Pos Kamling saat patroli kepada Awak yang sedang berjaga di Pos.

Hingga kemampuan menangkap maling jika terjadi suatu tindak pidana dilingkungannya.Para Kepala Desa Mandiri dan Masyarakat sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Suatu kehormatan besar bagi warga Desa atas kedatangan Tim penilai dari Polres Melawi. Mereka pun berharap agar pembinaan dan pendampingan Awak Pos Kamling tidak hanya dilakukan saat ada penilaian saja melainkan dilakukan secara terus menerus demi mewujudkan keamanan Desa yang terjamin.

“Kami sangat bersyukur karena warga disini sering dilakukan pembinaan dari Bhabinkamtibmas,” sampai Kepala Desa Beloyang YS. Marjitan.Ia menjelaskan bahwa setiap RT di Desa Beloyang mempunyai Pos Kamling yang aktif dilaksanakan ronda secara sederhana. “Kami melaksanakan jaga Pos Kamling ini, bukan satu dua tahun yang lalu. Tetapi Pos Kamling ini sudah ada sejak belasan hingga puluhan tahun lalu,” tuturnya.Ia mengapresiasi peran Pos Kamling di Desanya sangat vital sekali, selain menjaga keamanan peran Awak Pos Kamling ganda juga bergerak dalam bidang sosial. “Misalnya membantu masyarakat yang mengalami kemalangan jika terjadi kebakaran Awak Pos Kamling inilah yang duluan mendatangi hingga melakukan tindakan pertama karena mereka tidak tidur semalaman,” ungkapnya.

Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, S.H., S.I.K., M.H melalui Kasat Binmas AKP Theodorus Pardamean Marbun menyampaikan apresiasi atas peran masyarakat dalam menjaga keamanan dilingkungannya melalui Pos Kamling.

“Peran Pos Kamling disetiap Desa sangat kami apresiasi, Selain dapat menekan angka kriminilitas di Desa, juga memiliki peran sangat banyak. Oleh sebab itu, Polres Melawi sangat mendukung Pos Kamling ini tidak hanya berdiri disetiap Desa saja tanpa adanya aktivitas jaga pada malam hari. Kami mendorong seluruh Desa untuk mengaktifkan dan menggiatkan kembali Pos Kamling untuk keamanan dan ketentraman di Desa,” tuturnya.

“Hasil penilaian hari ini, akan kami umumkan pada kegiatan hari kamis. Tentunya, dari 4 Pos Kamling Desa Mandiri yang telah kami nilai ini, 2 Pos Kamling akan dipilih mendapat kehormatan kunjangan dari Kapolda Kalbar dan Gubernur Kalbar pada tanggal 21 atau 22 Desember 2019. 2 Pos Kamling yang terpilih akan kami lakukan pelatihan dan pembinaan secara berkala,” jelasnya.//ddk

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini