SDN 016514 Tidak Miliki Guru Agama, Plt Kadisdik Batubara Minta Bantuan BKD

59

KAB. BATUBARA, FOKUS BERITA NASIONAL | Merasa prihatin atas kekosongan tenaga pendidik kerohanian atau guru Agama Islam di SDN 016514 Desa Perk Dolok Estate yang telah berjalan selama 2 tahun belakangan ini, Plt Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus langsung meninjau sekolah di Jalinsum antara Kelurahan Limapuluh dan Desa Sumber Padi, Kecamatan Limapuluh itu.

Usai dilantik menjadi Plt Kadisdik, kepada awak media, Ilyas Sitorus mengaku bahwa pihaknya memang sengaja memprogramkan metode blusukan ke sekolah-sekolah dasar dan menengah se-Kabupaten Batubara. Termasuk di SDN 016514 Kebun Dolok Estate Kecamatan Limapuluh

Dijelaskan Ilyas, tujuan blusukan, sebagai salah satu langkah upaya memperbaiki sistem pendidikan di Kabupaten Batubara.

Ketika berkunjung ke SDN 016514 tersebut, Selasa (3/9/2019) kemarin, Ilyas Sitorus Kadisdik didampingi Kabid perencanaan Suherman. Pada kesempatan itu disampaikannya, selama dua tahun belakangan ini, SDN 016514 Desa Perk Dolok Estate samasekali tidak memiliki guru Agama Islam. Oleh sebab itulah, pihaknya dalam waktu dua minggu ini, akan menugaskan seorang guru agama ke sekolah dimaksud.

Pantauan awak media di lokasi, usai berdialog dengan guru-guru di sekolah itu, Ilyas Sitorus langsung mengambil ponselnya untuk menghubungi BKD Batubara. Mantan Kabiro Humas dan Protokoler Setda Provsu terdengar minta bantuan BKD agar secepatnya mengeluarkan SK tugas kepada salah seorang ASN untuk menjadi guru Agama Islam di sekolah itu.

Ilyas Sitorus pun menyampaikan, bahwa pemenuhan akan kebutuhan guru dimaksud, dalam waktu dekat pasti segera dipenuhi. “Kita sama-sama berdoa agar ini bisa segera terealisasi. Karena sebuah pekerjaaan tidak akan sukses dan berhasil tanpa kerja sama, dalam hal ini ‘lintas OPD’. Saya sendiri tetap akan selalu mengutamakan sinergitas dengan jajaran terkait,” ujarnya

Untuk itu saya berharap kepada para guru yang di sekolah ini agar senantiasa bersemangat dan terus kreatif guna kebaikan sekolah. Apalagi sekolah ini saya lihat berada di jalan lintas. Dan saya senang melihat kebersihan sekolah ini. Terutama kebersihan toiletnya karena tidak menimbulkan aroma yang dapat mengganggu penghirupan kita,” bilangnya.

Selanjutnya dia menambahkan, bahwa pihaknya saat ini sedang terus meng-update keberadaan guru-guru melalui ‘Sistem Profil Sekolah’. “Kita ingin memastikan sebenarnya ada berapa total keseluruhan guru-guru yang dibutuhkan. Kalau kurang berapa dan jika memang berlebih, lebihnya itu ada berapa. Sehingga ke depan memudahkan kita untuk berkoordinasi dengan pihak BKD Batubara dalam upaya mengatasi masalah-masalah yang terjadi,” ucap Sitorus.

“Maka dengan pola yang kita laksanakan ini, diharapkan nantinya akan mempermudah dalam mengontrol pemerataan guru. Ke depan kita juga akan melakukan ‘regrouping’ di tiap-tiap sekolah. Namun yang pasti kita akan tetap bersinergi dengan seluruh OPD terkait, dalam rangka upaya membangun pendidikan yang lebih berkualitas di Batubara,” jelasnya.

Sementara itu kepala sekolah yang diwakili guru kelas bernama Arriani, menyampaikan rasa terima kasih kepada Plt Kadisdik yang sudah berkenan hadir. Serta telah berkenan menerima semua keluhan tentang keadaan SDN 016514 Desa Perk Dolok Estate. Dia berharap Plt Kadisdik segera bisa menempatkan guru agama yang selama ini dirangkap guru kelas masing-masing.

“Kami merasa bangga atas kehadiran Plt Kadisdik Ilyas Sitorus. Sebab baru yang kedua kalinya termasuk ini, seorang Kadisdik mau langsung turun dan berkunjung ke sekolah. Oleh sebab itu, pantas bila kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Ilyas Sitorus yang telah berkenan mendengar keluhan yang kami sampaikan. Walaupun dalam posisi sambil berdiri. Beliau begitu bersahabat bersama kami. Padahal baru pertama kali ini Beliau jumpa dengan kami,” pungkas Arriani.

Dirilis sesuai data topmetronews. (Supriadi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini