Sejumlah Aparat Gabungan Melaksanakan Sosialisasi Terhadap Aktivitas Pertambangan Ilegal di Gunung Nona

60

Ket : Sejumlah Personil Aparat gabungang POLRI dan TNI melaksanakan sosialisasi dan penertiban penambangan emas tanpa izin (PETI) di area lokasi penambangan emas gunung nona di Desa Wapsalit, Kec. Lolong Guba Kabupaten Buru. Minggu (8/9/2019)

KAB. BURU, FOKUS BERITA NASIONAL | Desa Wapsalit, Kec. Lolong Guba Kabupaten Buru. Kurang lebih 30 Personil Gabungan TNI Polri dilibatkan dalam kegiatan sosialisasi sekaligus penertiban dilokasi tambang gunung nona. Minggu (8/09/19)

Meskipun sudah berulang kali para personil gabungan Polri dan TNI ini, Turung melaksanakan sosialisasi dan penertiban penambangan emas tanpa izin (PETI) di area lokasi penambangan emas gunung nona yang ada di Desa Wapsalit, Kec. Lolong Guba Kabupaten Buru.

Namun masih saja terdapat ditemukannya kelompok-kelompok para penambang liar yang secara diam-diam melakukan aktifitas pada area penambangan.

Beruntung, kegiatan aktivitas para kelompok penambang liar ini tidak mencapai 100 orang.

Mereka para penambang masuk melewati jalur yang tidak diketahui masyarakat umumnya. Demi mendapatkan emas para penambang liar ini rela mencari jalan masuk pada area yang dilarang oleh petugas.

Menurut Kapolres Pulau Buru AKBP. Ricky Purnama Kertapati, S.I.K., M.Si mengatakan bahwa Sosialisasi yang dilakukan oleh aparat gabungan ini untuk memastikan tak ada lagi penambangan liar.

Kegiatan sosialisasi dan penertiban ini, berjalan dengan lancar. Mereka para penambang meninggalkan lokasi dengan sukarela tanpa ada perlawanan. “Beber Ricky.

Lanjutnya, “Ricky katakan bahwa sebelumnya sudah telah dilaksanakan sosialisasi terlebih dahulu. Dan sejak sosialisasi itu, para penambang sudah mulai menurunkan barang-barangnya dan mengosongkan lokasi pada area Gunung Nona.

Sehingga pada saat Penertiban Areal Tambang Emas pada minggu kemarin (8/9) sudah tidak ada lagi aktivitas penambang liar di atas.

Untuk itu Sosialisasi yang dilakukan ini, demi mengingatkan kembali kepada masyarakat, agar dapat menjaga keamanan dan keselamatan diri, dari bahayanya aktivitas penambangan liar dan penggunaan zad kimia berbahaya. “Ujar Ricky.

Kegiatan Sosialisasi dan penertiban areal pertambangan Gunung Nona ini melibatkan Personil Polda Maluku, Polres Buru, Kompi 3 Yon A Pelopor, dan Kodim 1506 Namlea.

Reporter : Sofyan M.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini