Sekjend FKPH FH UNIMAL : Desak pemerintah Cepat Realisasikan Waduk Untuk Atasi Kekeringan di Dua Kecamatan Aceh Timur

59

KAB. ACEH TIMUR, FOKUS BERITA NASIONAL | Kekurangan air melanda lahan sawah di dua kecamatan di aceh timur yaitu kecamatan Nurussalam dan Darul Falah,Hal itu disebabkan oleh Embung air atau waduk yang terletak di desa kampung jalan kecamatan Nurussalam yang tidak berfungsi lagi sejak lama. Hal ini berdampak kepada sawah-sawah di kecamatan Nurussalam dan darul falah sehingga meresahkan masyarakat yang akan membuahkan hasil panen yang tidak memuaskan atau bisa jadi gagal panen.

Embung air atau waduk ini dibangun pada tahun 1990-an dan waduk ini sangat membantu warga dua kecamatan tersebut untuk mengaliri air ke sawah mereka. Namun semenjak embung air atau waduk itu tidak berfungsi lagi dan kemudian menimbulkan keresahan bagi masyarakat di dua kecamatan tersebut.

Jefri Mulya selaku sekjend FKPH FH UNIMAL yang juga berasal dari Aceh timur menyampaikan, bahwa Masyarakat selalu mengeluhkan sawah mereka yang dilanda kekeringan dan berharap segera di tangani oleh pemerintah.

Pada tahun sebelumnya Keuchik Keudee Bagok Dua pernah menyerahkan proposal ke Kabupaten, namun tidak ada tanggapan sama sekali, namun di tahun ini beliau mencoba menyerahkan proposal tersebut ke Provinsi dan sekarang belum ada tanggapan dari pihak tersebut.

Saya menilai pemerintah kurang tanggap atas keluhan masyarakat seperti ini, padahal permasalahan seperti ini menimbulkan dampak serius bagi masyarakat petani dan melibatkan banyak masyarakat petani.

Saya sendiri dan masyarakat setempat sangat berharap kepada pemerintah untuk segera menangani permasalahan yang timbul di masyarakat . Karena bisa di katakan rata rata masyarakat di dua kecamatan tersebut adalah petani, dan ada juga yang kehidupan mereka sehari-hari bergantung pada tanaman padi di sawah mereka.

Jika pemerintah tidak segera menangani permasalahan ini, maka akan sangat disayangkan kepada masyarakat yang bergantung di sawah mereka dan akan membuat ekonomi mereka menurun.

Reporter; Alga Mahate

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini