11/27/2022
Post Visitors:68

FBN – Bekasi || Hari Pahlawan Nasional adalah hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia, dan diperingati pada tanggal 10 November setiap tahunnya di Indonesia. Hari ini ditetapkan untuk memperingati pertempuran yang terjadi pada tahun 1945, dimana para tentara dan milisi indonesia yang pro-kemerdekaan berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia.
Hari nasional ini ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959. Keputusan itu ditetapkan oleh Presiden Soerkarno. Kala itu Soekarno memutuskan juga hari nasional bukan hari libur, salah satunya yakni Hari Pahlawan 10 November.

Berdasarkan buku Bung Tomo yang bertajuk Hidup dan Mati Pengobar Semangat Tempor 10 November karya Abdul Waid pertempuran itu dipicu oleh beberapa sebab. Dari mulai jatuhnya penjajahan Jepang, kemerdekaan negara Indonesia, hingga pertempuran Bung Tomo dan rakyat di Surabaya.

Hari Pahlawan 10 November merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah negara Republik Indonesia. Karena pada 10 November 1945 terjadi pertempuran besar pasca kemerdekaan, yang dikenal juga sebagai pertempuran Surabaya.

Pada tahun 2020 sendiri ada enam tokoh baru yang mendapatkan gelar Pahlawan Nasional, yaitu :

  1. Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara
  2. Machmud Singgirei Rumagesan dari Provinsi Papua Barat
  3. Jenderal Polisi (Purn) Raden Said Soekanto
  4. Tjokrodiatmodjo dari Provinsi DKI Jakarta
  5. Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara
  6. MR SM Amin Nasution dari Provinsi Sumatera Utara
  7. Raden Mattaher Bin Pangeran Kusen Bin Adi dari Provinsi Jambi

Seluruh jajaran perusahaan dan staff redaksi Fokus Berita Nasional mengucapkan “Selamat Hari Pahlawan Nasional”, semoga jasa para pahlawan yang telah gugur dapat beristirahat dengan tenang. Dan seluruh warga Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat melanjutkan perjuangan mereka dalam membangun negara ini.

(Redaksi)

%d blogger menyukai ini: