10/02/2022
Post Visitors:46

FBN – KARAWANG || Sekertaris Pemerintah Desa Kertamulya, Yeyen Adi Putra, mulai nelaksanakan kegiatan sensus penduduk di empat wilayah dusun Desa Kertamulya, Kecamatan Pedes, dengan target lebih dari enam ribu jiwa usik. Selasa (01/09/20)

Sekertaris Desa Kertamulya baru menyentuh sebanyak 36 rumah dalam proses pelaksanaan sensus penduduk yang telah dilaksanakan secara zig-zag. “Sesuai aturan kita lakukan dari mulai wilayah barat daya terlebih dahulu”. kata Yeyen Adi Putra selaku sekdes kertamulya kepada media.

Sesuai kontrak, dirinya menjelaskan bahwa proses pelaksanaan sensus penduduk yang dilaksanakan oleh empat personel dari tim Pemerintah Desa Kertamulya Kecamatan Pedes, ditarget rampung dalam jangka waktu 15 hari kerja.

Untuk hari ini, pelaksanaan sensus penduduk di wilayah Desa Kertamulya Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang, diakui tidak ada kendala dalam teknis kegiatan. Sensus penduduk ini meliputi pemutahiran jumlah penduduk pendatang, angka kelahiran, angka kematian, tenaga kerja Indonesia dan lain lain termasuk jumlah hak pilih terupdate diakhir tahun 2020.

Namun begitu, pada sensus penduduk yang dilaksanakan oleh Sekertaris desa Kertamulya bersama tim verifikasi bukan dalam rangka pemutahiran jumlah hak pilih menjelang Pemilukada 2020. Alasannya beberapa sasaran kegiatan sensus penduduk dalam proses secara teknis pelaksanaan lebih bersifat seperti pendataan jumlah penduduk jiwa usik yang tinggal dan menetap di wilayah Desa Kertamupya, Kecamatan Pedes.

Sebagai contoh, ketika ada warga yang tinggal dirumahnya hanya satu tahun sekali. Maka sensus ini hanya dilaksanakan pada gedung bangunan rumah, tidak pada jiwa usiknya. Sebaliknya, ketika ada warga ber-KTP dari luar daerah yang menetap lebih dari 6 bulan maka termasum pada sasaran sensus jiwa usik di Pemdes”.

(Unay Clozaril & Sigit)

%d blogger menyukai ini: