Simulasi Fire Ground Damkar dan Satpol PP Batubara

62

BATUBARA, FOKUS BERITA NASIONAL.COM | Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Kabupaten Batu Bara menggelar simulasi fire ground dengan menggunakan teknik ‘payung air’ di lapangan Bola Kecamatan Limapuluh, Jum’at (28/6/2019).

Teknik ini biasanya digunakan untuk menjinakkan luapan api dengan posisi petugas damkar berhadapan langsung dengan kobaran api.

Kegiatan itu dilakukan sebagai bentuk upaya pemerintah Batubara dalam melatih kesigapan para anggota pemadam kebakaran dalam penggunaan alat. Sekaligus, dilatih untuk lebih profesional.

“Kegiatan edukasi ini digelar untuk melatih dan memperkenalkan kepada petugas untuk tetap sedia melayani masyarakat dengan penuh rasa keikhlasan, kesadaran dan profesional,”ujar Kasat Satpol PP. Radyansyah F Lubis

Menurutnya, pendidikan dan pelatihan kepada petugas damkar ini sangat penting dilakukan.

Mengingat ancaman dan tantangan kebakaran masih terus terjadi di kabupaten Batubara. Sehingga petugas di lapangan dituntut setiap waktu untuk harus siap siaga menghadapi bencana kebakaran.

Ia menjelaskan, peningkatan kompetensi dan kehadiran petugas damkar di lokasi kebakaran akan membuat masyarakat dapat benar-benar percaya dan terlayani dengan sebaik-baiknya.

“Disamping latihan ini, kami juga ingin meningkatkan koordinasi dengan antar pihak terkait dalam penanganan saat terjadi peristiwa kebakaran itu” Ujarnya.

simulasi penagganam kebakaran ini diawali dengan pemberian sejumlah materi kemudian dilanjutkan dengan praktek di lapangan, dengan cerita kebakaran yang seolah-olah terjadi di sebuah gedung sekolah akibat ledakan gas LPG.

“kegiatan ini juga sudah mendapat ijin dengan lurah dan warga setempat,” imbuhnya.

Dalam praktek tersebut, terdapat tiga korban yang diseting berada di tiga lokasi yang berbeda. Semua dapat diselamatkan berkas kerja keras dan kecakapan pengetahuan petugas damkar

Proses pemadaman pun berlangsung dengan cara yang dramatis, tim harus berpacu dengan waktu untuk segera menyelamatkan para korban yang terjebak di dalam gedung.

Sebanyak dua unit mobil pemadam kebakaran pun harus dikerahkan untuk memadamkan api ini.

Proses pemadaman berlangsung sekitar 10 menit, tiga korban yang terjebak berhasil dikeluarkan, dan langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan

Semantara Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Batubara, Amran menyebutkan kegiatan simulasi ini dilaksanakan di lapangan bola kaki kecamatan Lima Puluh dan diikuti oleh petugas Damkar Kecamatan Lima Puluh.

Dengan kegiatan ini, diharapkan personil Damkar Batubara agar senantiasa terbiasa dengan rasa kompak, jiwa karsa dan penuh tanggung jawab terhadap tugas yang diamanahkan. Mereka juga diharapkan dengan bersikap sigap dalam mengantisipasi kejadian kebakaran di wilayah setempat.

Kontributor: Supriadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini