08/17/2022
Post Visitors:30

FBN – BUKITTINGGI || Pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Fasilitator Satuan Pendidikan Aman (SPAB) Berbasis Gugus Depan diadakan selasa (8/09/2020), okbertempat di Hotel Grand Rocky Kota Bukittinggi.

Dalam kesempatan ini hadir unsur pengarah BNPB Dr. Fuad Darwis, MPH, Direktur Mitigasi Bencana Johny Sumbung, S.K.M., M.Kes., Kepala Pelaksana BPBD Kota Bukittinggi, Drs. Ibentaro Samudra, MM, acara ini dibuka secara resmi oleh Asisten III Ismail, SE.Ismail menyampaikan dukungan akan komitmen dan tindak lanjut SPAB berbasis Gugus Depan di Kota Bukittinggi.

Peserta Bimtek berjumlah 30 orang yang berasal dari BPBD Provinsi Sumbar, BPBD Kota Bukittinggi, Dinas Pendidikan Kota Bukittinggi, Kwarda Provinsi Sumbar, Kwarcab Kota Bukit Tinggi dan para Pembina Pramuka se Kota Bukittinggi.Bimtek ini telah berlangsung dari tanggal 3 September 2020 (H-5 pembukaan) secara daring, lalu dilanjutkan pelaksanaan secara luring pada tanggal 8 s.d. 10 September 2020 dengan tetap memenuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Tujuan bimtek ini adalah untuk melatih Pembina Pramuka untuk memiliki pemahaman manajemen risiko bencana dan kompetensi mengajarkan buku Saku Pramuka Siaga Bencana serta meningkatkan kerelawanan dan kompetensi kesiapsiagaan bencana bagi para pembina pramuka.

Dalam hal ini, pendidikan kebencanaan berbasis gugus depan merupakan hasil penggabungan konsep SPAB secara umum dengan metode pengajaran dalam gerakan Pramuka agar dapat memberikan pendidikan kebencanaan bagi para peserta didik.

Dalam sambutannya Direktur Mitigasi Bencana BNBP mengatakan, “Kemitraan dengan Gerakan Pramuka juga merupakan harapan yang sangat besar bagi BNPB untuk memperkuat edukasi kebencanaan, melalui kegiatan ekstra kurikuler di Pramuka berbasis Satuan Pendidikan,” terang Johny Sumbung.

Dengan telah ditandatanganinya MoU antara Kepala BNPB dan Ketua Kwarnas Pramuka pada 2019 lalu, diharapkan dapat memberikan nuansa baru dalam implementasi Satuan Pendidikan Aman Bencana di Indonesia.

Terbukti penerapan Bimtek Fasilitator SPAB berbasis Gugus Depan yang telah dilaksanakan sejak tahun lalu ini memberikan dampak positif dan variatif dalam SPAB hingga ditindaklanjutinya secara massif oleh para peserta pasca mengikuti bimtek.Kegiatan pada hari ini merupakan rangkaian awal implementasi yang diharapkan.

Sinergitas BNPB dan Pramuka akan kita wujudkan bersama. Dan tentunya ditingkat Provinsi dan Kota dapat dilanjutkan oleh BPBD, Dinas Pendidikan bersama Kwarda dan Kwarcab Pramuka.

Pewarta : Leny

%d blogger menyukai ini: