07/07/2022
Post Visitors:75

FOKUS BERITA KALIMANTAN TENGAH – sehubungan dengan issue yang sempat sentral dan viral di media sosial hari ini, namun beberapa media online berita mereka tiba-tiba dihilangkan.

Namun pada Akun Face Book Murung Raya Berkicau masih ada, sehingga atas dasar ini Tim Investigasi Fordayak (Forum Pemuda Dayak) Kalteng melakukan klarifikasi data atas issue yang sedang sangat hot issue.

Theo Virgen Lambung Ketua Dewan Pengurus Wilayah Forum Pemuda Dayak Kalimantan Tengah (DPW Fordayak Kalteng) menyatakan sesuai dengan postingan Face Book Murung Raya Berkicau terkait dengan Tanggul Waster Dump milik PT. Indo Muro Kencana (IMK) di kawasan Desa Mangkolisoi Kecamatan Tanah Siang, Kabupaten Murung Raya, Propinsi Kalimantan Tengah telah jebol pada hari Kamis, 21 April 2022, Pkl. 20.00 Wib dan telah di setujui oleh admin untuk mengambil referensi berita tersebut.

Dalam berita tersebut disampaikan bahwa musibah tersebut mengakibatkan 12 unit sepeda motor, 2 unit rumah, dan beberapa unit alat kato (sedot emas) milik warga tertimbun tanah akibat insiden tersebut dan sampai saat ini belum dapat ditemukan.

Theo menegaskan bahwa PT. IMK wajib bertanggungjawab karena telah mengsengsarankan rakyat dan prosedur dalam penanganan tanggul telah gagal, apabila dalam waktu dekat ini pihak PT. IMK tidak merespon secara terbuka melalui media, maka kami yang yang merasakan penindasan rakyat darah juang kami bergelora.

Tambah Theo apabila PT. IMK tidak mempunyai sikap sama saja telah melecehkan Masyarakat Adat yang telah tertindas, maka kami Fordayak Se Kalteng tidak akan tinggal diam, kami pastikan menggembur bersama rakyat yang menderita,

Ini Tanah Dayak, jangan menginjak harga diri Dayak dengan sikap yang dilakukan PT. IMK, seandaianya tidak ada respon atas tragedi tersebut, maka kami ingatkan lagi bahwa kami tidak akan diam dan kami pastikan gerakan rakyat akan bergelora untuk bergerak, serentak dan menghentak, kata Theo.

Di tempat terpisah Bakti Yusuf Irwandi Komandan Satuan Pasukan Pengamanan Forum Pemuda Dayak (Dansat Pam Fordayak), akan menghimpun semua kekuatan basis masa melakukan aksi untuk menggempur PT. IMK jika dalam tempo yang sesingkat-singatnya tidak ada respon atas musibah terhadap rakyat yang saat ini telah menderita.

Rakyat harus berpandu dalam gerakan rakyak untuk membantu saudara-saudara kita Masyarakat Adat Dayak, para leluhur pasti akan mendukung gerakan rakyat ini, sekali lagi kami himbau agar sesegera mungkin PT. IMK mengakui kesalahan yang telah terjadi secara terbuka melalui media masa, jika tidak kami akan bergerak dan kami pastikan akan menggembur PT. IMK, tutup Bakti. ( Fung Soma )

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: