Terkait Kekeringan, Upaya Membuat Sumur Resapan Akan Diusulkan di Kabupaten Bekasi

KAB. BEKASI, FOKUS BERITA NASIONAL | Setiap tahunnya, Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat masih memiliki persoalan rutin terkait kekeringan. Seperti di tiga desa di Kecamatan Cibarusah menjadi salah satu daerah yang harus mendapatkan perhatian serius, yang terparah yaitu desa Ridhogalih, Ridhomanah dan Sirnajati.

Selain itu, berdasarkan catatan BPBD setempat terdapat empat kecamatan berpotensi kekeringan. Keempat kecamatan itu yakni Cikarang Selatan yang terdiri dari Desa Ciantra dan Desa Serang; Serang Baru (Desa Sirnajaya, Cilangkara, Nagacipta, Nagasari, dan Sukasari).

Kemudian di wilayah Bojongmangu yang terdiri dari Desa Karang Indah, Karang Mulya dan Medal Krisna); dan Kecamatan Cikarang Pusat yang terdiri dari Desa Pasirranji, Cicau, Sukamahi, dan Jayamukti.

Anggota DPRD Kabupaten Bekasi fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhamad Nuh mengatakan, perlu adanya kepedulian yang tegas. Bagaimana mengentaskan kekeringan di Kabupaten Bekasi seperti pembuatan sumur resapan atau daerah tangkapan air.

Menurut Nuh sumur resapan ini dimaksudkan agar air hujan yang turun tidak mengalir ke laut. Ia mengibaratkan air yang bersih kemudian langsung menjadi kotor akibat berkumpul diselokan-selokan.

“Contohnya air wudhu, itu kan air bersih (mandi). Ketika bercampur diselokan jadi kotor. Dan membersihkannya menjadi mahal,” kata Nuh (8/9/2019)

Oleh karenanya lanjut Nuh harus ada dua sistem yang berbeda yakni sistem air kotor dan saluran air bersih bahkan yang namanya air bersih ditampung dalam tanah atau bak penampungan terlebih perlu dibuat peraturan daerah.

Sementara itu mengenai kekeringan di Kabupaten Bekasi khususnya untuk wilayah cibarusah pihak PDAM Tirta Baghasasi Bekasi telah membuat terobasan dan air bersih sudah bisa dirasakan oleh warga bahkan warga pun diperkenankan untuk menjadi pelanggan dengan harga khusus dan terjangkau.

Reporter: Jhon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *