Kasus OTT Politik Uang di Kabupaten Melawi “Proses Hukum Tetap Berjalan dan Tidak Kadaluarsa”

56

MELAWI, FOKUS BERITA NASIONAL.COM | Pada hari Rabu tanggal 17 April 2019 pukul 00. 30 Wib di Simpang Tahlut, Jln. Provinsi Pinoh Kota Baru Km 10 Desa Kelakik Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi, telah di laksanakan penangkapan terduga pelaku money politik atau politik uang.

Sekitar pukul 00.30 WIB, di Simpang Tahlut Jl. Provinsi Kotabaru KM. 10 Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. Tim sentra Bakkumdu Melawi telah mengamankan a.n.(S) yang membawa uang sekitar Rp 81.250.000,- yang akan disebarkan di Desa Ella Hilir Kecamatan Ella Hilir Kabupaten Melawi.
Di duga uang yang dibawa untuk pemenangan Caleg DPRD Kabupaten Dapil 2 Melawi nomor urut 1 dari Partai Nomor 5 a.n.WH.

Pukul 01.00 WIB, pelaku dibawa ke kantor Bawaslu Melawi untuk dilakukan pendalaman oleh Sentra Gakumdu Kab. Melawi.

Pukul 01.30 s.d. 04.20 WIB, Bawaslu Melawi melakukan pendalaman terhadap S (Relawan W H Caleg DPRD Kabupaten Dapil 2 Melawi) dan 2 orang yang ikut diamankan yaitu SP dan AR.

Menurut keterangan dari SP (Relawan WH Caleg DPRD Kabupaten Dapil 2 Melawi) bahwa uang yang dibawa akan digunakan untuk saksi TPS Caleg DPRD Kabupaten Dapil 2 Melawi a.n. WH.

Sedangkan AR dan SP hanya pulang bersamaan ke Desa dusun Nanga Ella Kecamatan. Ella Hilir Kabupaten Melawi. “Adapun langkah tindak lanjutnya” Pada hari Rabu Tanggal 17 April 2019 Pukul 06.45 Wib. di Kantor Bawaslu Kab. Melawi Jln. Propinsi Pinoh Kota Baru Km. 5 Desa Kelaki Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi.

Telah di laksanakan serah terima Berita Acara dan Serah Terima Barang Bukiti :Nama. : Supriadi, Jenis Kelamin. : Laki Laki, Tempat Tanggal lahir : Ella Hilir 2 Mare1983, Pekerjaan. : Wiraswasta, Alamat. : Dusun Nanga Ella hilir Kec. Ella Hilir Kab. Melawi.

Menyerahkan Barang Bukti Berupa :
1. 324 (seribu tiga ratus dua puluh empat) amplop yang berisi uang kertas sebesar Rp. 250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) dengan total keseluruhan sebesar Rp. 81.500.000.- (delapan puluh satu juta lima ratus ribu rupiah)

2. 324 (dua ribu tiga ratus dua puluh empat) Surat tugas/SK Tim yang di amankan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Melawi pada saat melakukan patroli pengawasan di jalan Propinsi Nanga Pinoh Kota Baru km 10.Dusun Balihai Dusun Semadin Lengkong Kec Nanga Pinoh Kab. Melawi.

Barang bukti tersebut di duga berkaitan dengan tindak pidana pemilu yang akan di salurkan kepada tim Desa Nanga Ella Hilir Kecamatan Ella Hilir guna oprasional tim calon legislatif Kabupaten Melawi yang berinisial WH daerah pemilihan Melawi 2 (dua), Selanjutnya barang bukti tersebut di serahkan oleh saudara SP selaku pemilik barang kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Melawi guna proses lebih lanjut.

Yang menyerahkan, (SP) Yang Menerima, (JOHANI S. PD), Yang menyaksikan S, Yang menyaksikan AR, Yang menyaksikan EN, SE Terjadi berbagai versi di pemberitaan bahwa kasus tersebut terkesan masuk angin dan melempem.

Sabtu 29/04/2019 tim media mendatangi kantor Bawaslu Kabupaten Melawi guna konfirmasi tentang sejumlah pelanggaran Pemilu baik itu OTT maupun laporan tentang pelanggaran yang terjadi di Pemilu.

Hamka selaku Divisi (Pengawasan dan Hubungan Lembaga) PHL, menjelaskan berkaitan dengan adanya OTT tersebut diatas bahwa kasus tersebut tetap berlanjut, proses tetap berjalan tanpa ada satupun intervensi dari pihak manapun. Artinya kami akan bekerja sesuai dengan tahapan dimana sudah diamanahkan dalam Undang undang.

Proses ini sudah masuk pada tahap 2 ( kedua) dengan pembahasan kedua ini akan menentukan Bawaslu yang meliputi unsur Kepolisian dan Kejaksaan yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu akan mendiskusikan dan menganalisis, memutuskan seperti apa kasus tersebut.

Kami sangat menghargai apresiasi terhadap masyarakat yang ingin Pemilu ini Jurdil tapi kami juga minta objektiflah dalam pemberitaan nara sumber dari kami harus ada semoga imformasi yang disampaikan itu Valid dan berimbang.

Berbicara masalah limit waktu itukan ada perpanjangan waktu 14 hari kedepan, artinya tidak ada yang kadaluarsa. Mengenai pembahasan yang pertama kita bahas dengan Gakkumdu terkait kelengkapan.

Kedua nanti kita akan bahas lagi apakah ini lanjut atau tidak paparnya. saat di wawancara awak Media di Kantor Bawaslu Kabupaten Melawi Nanga Pinoh. (didik kabiro Melawi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini