11/30/2022
Post Visitors:52

FBN – Kabupaten Subang || Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sukaraya, Desa Karang Satu, Desa Karang Bahagia, Kecamatan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi melakukan kegiatan Peningkatan Kapasitas di Sari Ater, Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 (Dua) hari dari Rabu-Kamis tanggal 09-10 Desember 2020. Adapun dalam Peningkatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) ini mengangkat tema Dalam rangka Pelatihan Tentang Proses Pembuatan Peraturan Desa (Perdes) dan Pemahaman Penyusunan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

Dalam Pembukaan kegiatan Peningkatan Kapasitas BPD tersebut dihadiri perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Kabupaten Bekasi, Dedi Rustandi, Kepala Desa Sukaraya, Dano Sumarno, Ketua Forum BPD Kecamatan Karang Bahagia, Uya Sulaeman dan Ketua Forum BPD Kabupaten Bekasi, H. Karno. Sementara Camat Karang Bahagia, H. Karnadi berhalangan hadir dikarenakan sedang Memonitor Desa Karang Rahayu yang beberapa hari lagi akan menggelar Pemilihan Kepala Desa.

Ketua panitia pelaksana kegiatan yang juga ketua BPD Sukaraya, Isnaeni menyampaikan dan mengakui bahwa minimnya BPD dalam Informasi dengan sistem keuangan desa (siskudes), semoga dengan Adanya pengetahuan ini akan menambah manfaat untuk di desanya masing-masing.

Dirinya juga mengatakan kegiatan ini bersumber Anggaran Desa melalui apbedes masing-masing Desa, sebagai mana di atur oleh undang-undang.

Ia berharap seluruh peserta bisa mengikuti rangkaian acara, sehingga kita semua bisa menerapkan pengetahuan yang di miliki untuk di terapkan di desanya masing masing.

Ditempat yang sama Ketua Forum BPD Kabupaten Bekasi, H. Karno menuturkan bahwa kegiatan ini sesuai amanah regulasi untuk peningkatan kapasitas BPD setiap tahunnya.

“Setelah acara ini semoga semangat dan spiritnya tanggung jawab moralnya, tanggung jawab dalam kinerjanya, semua bertambah semangat, agar jabatan BPD bisa dijalankan dengan baik”,tuturnya.

H. Karno mengakui bahwa BPD di Kabupaten Bekasi belum maksimal, namun dirinya selalu berusaha agar selalu sesuai dengan aturan dan tupoksinya.

Dirinya juga akan mengadakan agendakan kunjungan atau semacam rapat koordinasi perkecamatan dan itu sudah di rencanakan untuk sama-sama diskusi dan memberikan pemahaman satu sama lain.

Sementara itu, Kepala Desa Sukaraya, Dano Sumarno, berharap Kedepannya BPD ini menjadi Partner kerja.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, mudah-mudahan rekanan BPD ini menambah ilmu dan wawasannya, karena selama ini ada selentingan Informasi bahwa BPD dan Pemdes sering terjadi miskomunikasi tapi alhamdulillah mudah-mudahan tidak ada”, ujarnya.

Bilamana kata Dano, ditemukan adanya permasalahan maka lebih baik kita duduk musyawarah bersama, karena memang kita sudah punya tupoksinya masing-masing dalam menjalankan roda pemerintahan.

Reporter : (**Tif)

%d blogger menyukai ini: