UKM Dapatkan Peluang Garap Proyek CSR

58

KAB. BATUBARA, FOKUS BERITA NASIONAL | Demi memberikan tempat dan mendukung kesejahteraan bagi para pelaku usaha kecil menengah (UMKM). Pemerintah Kabupaten Batubara akan terus melakukan berbagai upaya.

Pemerintah di era Zahir- Oky ini pun tak akan tinggal diam dengan membantu pelaku UMKM untuk mempercepat gerak perekonomian dalam mengembangkan usaha rakyatnya.

Berbagai cara dilakukan seperti salah satunya dengan melibatkan seluruh perusahaan di Batubara agar dalam penyalurkan setiap bantuan CSR untuk terus menggandeng UMKM.

Misalnya bila ada CSR yang disalurkan oleh perusahaan di Kabupaten Batubara berupa bantuan pakaian seragam sekolah, agar menempahnya kepada UMKM seperti yang dilakukan oleh PT. Multimas Nabati Asahan.

Itulah sebabnya, Wakil Bulati Batubara, Oky Iqbal Frima mengucapkan apresiasi setingi-tinginya kepada seluruh perusahaan di Batubara, khususnya kepada PT Multimas Nabati Asahan yang telah mengambil peran aktif untuk membantu kesejahteraan masyarakat dengan melibatkan UKM dalam penyaluran CSR.

Dikatakan Oky, bagaimana PT Multimas ini dapat memberi manfaat kepada UMKM seperti dengan memberikan kepercayaan menjahit 2000 pasang pakaian seragam yang akan disumbangkan kepada Pemerintah kepada masyarakat melalui UMKM yang berada di Kabupaten Batubara.

“Apresiasi yang sebesar besarnya, mudah mudahan kerjasama yang selama ini telah terjalin dengan baik dapat terus dilaksanakan. Dan kita berharap agar pelaku UMKM terus dilibatkan ungkapnya, kamis (5/9) di Kuala Tanjung.

Program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) dengan melibatkan UMKM yang ada, diharapkan dapat menjadi mesin pendorong bagi kesejahteraan masyarakat setempat.

Lebih lanjut, dia menyatakan, perusahaan dituntut dapat mencurahkan perhatian terhadap lingkungan sekitarnya

Melalui kegiatan CSR ini, keberadaan seluruh perusahaan dengan mengandeng UMKM yang ada agar dapat saling memberi motivasi dalam berproduksi.

Menurutnya, hal ini sebagai wujud nyata Perusahaan untuk dapat memberi kontribusi kepada perekonomian Masyarakat Batubara.

Sementara Unit Head PT. MNA Yopie Algeri mengatakan penyerahan CSR kepada Pemerintah Batubara dan masyarakat sekitar perusahaan merupakan program yang dijalankan perusahaan bersinergi dengan Pemkab dan masyarakat sekitar perusahaan.

“Dengan kehadiran perusahaan kami harapkan bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Melalui program CSR yang kita berikan diharapkan menguntungkan bagi orang atau kelompok penerima serta kelak dapat digulirkan kepada orang atau kelompok lain,” ujar Yopie

Disampaikan Yopie, PT. MNA akan selalu menggandeng perusahaan perusahaan kontraktor yang bekerja di Multi Mas untuk ikut serta dalam program CSR yang terus dilanjutkan.

Sementara Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Abdul Aziz, terkait penyerahan bedah rumah, posyandu dan pakaian anak sekolah menceritakan latar belakang pemberian bantuan.

Disebutkan Aziz panjang lebar, bahwa latar belakang bedah rumah karena ada rumah yang dulunya terbakar di Dusun Tangkahan Desa Medang Kecamatan Medang Deras milik Rustam Affandi.

Tak sampai hati membiarkan Rustam Afandi berjuang sendirian, sebeb itulah Pt Multi Mas Nabatu melalui program CSR nya telah membangun kembali Rumah Rustam Afandi tersebut yang awalnya hanya rumah reot diganti menjadi rumah beton.

Kemudian revitalisasi Posyandu Pandan juga diberikan Pt Multi Mas Nabati dimaksudkan agar bisa meningkatkan mutu kesehatan ibu dan balita di Batubara.

Demikian pula dengan penyerahan pakaian anak sekolah sebanyak 2000 pasang. Ini sejalan dengan program Pemkab Pemerintah Batubara dalam percepatan peningkatan kwalitas pelajar yang tentu dapat dimulai dari pemberian seragam kepada siswa baru.

Aziz menyatakan Apindo mendukung penuh program percepatan pembangunan yang dicanangkan Bupati Batubara.

Aziz dengan tegas menyatakan dunia usaha siap berdampingan dengan Pemkab Batubara melakukan percepatan tersebut

Dirilis sesuai data kontra.id (Supriadi)