08/11/2022
Post Visitors:38

FBN – Gunungsitoli || Wakil Ketua DPRD kota Gunungsitoli Herman Jaya Harefa peduli atas ketertinggalan penghasilan para petani yang salama ini sudah ketertinggalan untuk mencapai hasil tani yang lebih memuaskan. Hal tersebut disampaikannya saat media ini adakan konfirmasi di kediamannya di Desa Mudik Kota Gunungsitoli (21/12/2020) sore tadi.

Herman Jaya Harefa mengatakan masyarakat petani semestinya harus didorong untuk meningkatkan sumber pendapatan dalam usaha tani sehingga dapat mengejar ketertinggalan.di tambahkannya salah satu tanaman yang bisa di unggalkan adalah tanaman Porang,yang mana tanaman ini mudah tumbuh di daerah tropis dan dapat menghasilkan potensi hasil yang menjanjikan.

Menurut pemantauannya yang dialami masyarakat tani selama ini adalah permodalan dalam usaha tani yang mana hal ini salah satu yang membuat para petani ketertinggalan untuk mencapai hasil yang memuaskan.namun kali ini wakil ketua DPRD kota Gunungsitoli herman Jaya Harefa mengajak masyarakat untuk bergandeng tangan membuat terobosan baru dalam hal membudidayakan tanaman Porang yang mana tanaman ini menghasilkan dua jenis Umbi dan buah.

Ia berharap respon dan tindakan dari masyarakat mestinya harus ada karna permodalan dapat di fasilitasi melalui koperasi yang kerjasama dengan pihak BANK di Kota Gunungsitoli dan dapat diajukan melalui kelompok, juga dapat secara perseorangan, namun harus melalui jalur prosedur yang berlaku, dan bibit tanaman porang tersebut akan di pesan dari luar daerah pulau nias.

(M harefa)

%d blogger menyukai ini: